0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pengunggah Video Suap Polisi Bebas Tanpa Syarat

dok.merdeka.com

Adlun Fiqri

Timlo.net – Setelah jadi polemik, Polres Ternate, Maluku Utara, akhirnya menghentikan penyelidikan terhadap kasus Adlun Fiqri, yang mengunggah video polisi lalu lintas saat menerima suap ke YouTube.

“Kasus dugaan pencemaran nama baik institusi Polres Ternate dengan tersangka Adlun dihentikan karena anggota Polantas setempat, Bripka J Afandi, selaku pelapor mencabut pengaduannya pada 5 Oktober 2015,” kata Kapolres Ternate, AKBP Kamal Bahtiar, Selasa (6/10).

Penghentian penyelidikan ditandai dengan penerbitan Surat Perintah Pemberhentian Penyidikan (SP3). Begitu pun, Adlun dan Afandi sudah menyatakan damai.

Sedangkan, anggota LBH Maluku Utara, Maharani Carolina SH yang juga Kuasa Hukum Adlun membenarkan kalau kasus tersebut telah diselesaikan secara kekeluargaan. Bripka Afandi, sudah mencabut laporannya akhirnya keluar SP3 terhadap kasus tersebut.

Pernyataan damai yang berlangsung di ruangan Kasat Reskrim Polres Ternate, salah satu pengacara LBH, Yahya Mahmud.

Kasus Adlun yang mengunggah video berjudul ‘Kelakuan Polisi menerima suap’, telah diselesaikan secara kekeluargaan antara Adlun sebagai terlapor dengan Bripka Afandi sebagai pelapor. Penyelesaian damai itu diawali pertemuan antara keduanya pada Minggu (4/10) lalu.

Sebelumnya Kapolda Malut, Brigjen Pol Zulkarnain, termasuk pihak yang ikut berperan memediasi kasus Adlun. Selain meminta penangguhan penahanan Adlun, dia juga juga menyarankan agar anggota Polantas mencabut laporannya terhadap Adlun.

Kini mahasiswa Universitas Khairun Ternate itu telah resmi bebas dari kurungan polisi. Penyidik Polres Ternate sebelumnya bersikeras menjerat Adlun dengan pasal Undang Undang ITE setelah dia mengunggah video di YouTube.

Bahkan, Polantas yang ada di video itu mengklaim menerima uang dari pelanggar lalu lintas Rp 115 ribu untuk diserahkan ke pengadilan.

[cob]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge