0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Merbabu Terbakar, Titik Api Terus Bermunculan

timlo.net/nanin

Asap masih terlihat mengepul di kawasan hutan Gunung Merbabu

Boyolali — Sudah sepekan kawasan Hutan Gunung Merbabu terbakar dan belum bisa dipadamkan. Bahkan, titik-titik api terus bermunculan. Medan yang sulit dan logistik yang kurang membuat upaya pemadaman menjadi semakin berat.

Luasan lahan Merbabu yang terbakar mencapai 270 hektar.

“Api bahkan sudah membakar hutan lindung dan masuk ke ladang penduduk,” ungkap Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Senin (5/10).

Dijelaskan, untuk pemadaman api, dibagi dalam berbagai kelompok, terdiri dari tim SAR, relawan, Basarnas dan petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Selain kebakaran kawasan hutan di wilayah Kecamatan Ampel, Boyolali, saat ini diketahui titik api terdeteksi di kawasan hutan di wilayah Wekas di Kabupaten Magelang dan wilayah Tekelan di Kabupaten Semarang.

“Kebakaran di wilayah Desa Sampetan sampai Desa Ngargoloka bahkan sudah merambah hutan lindung dan areal pertanian warga,” tambahnya.

Ketua Remaja Pecinta Alam (Rempala) Merbabu, Joko Yuwono menambahkan, jaringan pipa air dari paralon dari Tuk Sipendok yang menjadi sumber air beberapa desa di Kaki Merbabu ludes terbakar sepanjang kurang lebih 1,5 km. Untungnya, masih ada satu jaringan pipa yang masih bertahan dari panasnya api karena terbuat dari besi.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge