0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setahun Mangkrak, Sumber Luweng Songo bakal Dioperasikan

Sumber Luweng Songo ()

Wonogiri — Setelah hampir satu tahun mangkrak lantaran motor mesin penyedot air rusak, akhirnnya sumber air Luweng Songo di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pracimantor, Wonogiri dalam waktu dekat ini bakal dioperasikan lagi. Setelah sebelumnya mendapatkan bantuan dari PMI Solo dengan total nilai Rp 200 juta.

“Kita mendapatkan bantuan berupa 3 unit mesin sumpersible bertenaga 2 PK dan 3 PK. Kemudian perpipaan dengan ukuran pipa 2 dim sepanjang 3 kilometer, lalu 1 unit motor mesin simpersible,” ungkap Camat Pracimantoro, Warsito, Senin (5/10).

Dijelaskan, sumber air Luweng Songo menyuplai kebutuhan air bersih di tiga desa, yakni Desa Gambirmanis, Petirsari dan Sumberagung. Dengan adanya bantuan dari PMi Solo tersebut nantinya akan dipergunakan untuk mengganti  kerusakan yang terjadi pada mesin pompa, dari lokasi sumber air bawah tanah di Luweng Songo yang berjarak 1,5 kilometer berada di Balai Desa Sumberagung.

“Debit air luweng tersebut sekitar 22 liter perdetik mampu mencukupi kebutuhan tiga desa dengan jumlah kepala keluarga hampir 3000-an,” ujar Camat Warsito.

Pengajuan bantuan tersebut diajukan kepada PMI Solo sejak setahun lalu. “Dulu di Luweng Songo ada mesinnya pompanya tapi setahun ini rusak. Sebenarnya tahun lalu sudah mau dibantu tapi berhubung musim penghujan tiba akhirrnya bantaun ditunda, kemudian baru tahun ini tereralisasi,” katanya.

Pihaknya telah meneken Memorandum of Under Standing (MoU) dengan pihak PMI Solo pada pekan lalu, sehinggakata bantuan tersebut kemungkinan dalam pekan ini bakal dikirim. “Kita tinggal nunggu alat-alatnya saja. Soalnya kan alat-alatnya dibeli dari Jakarta,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge