0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Dompet Kempes Warnai HUT TNI ke-70 di Solo

dok.timlo.net/heru murdhani
Operasi Dompet Kempes (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Martono pucat pasi saat becak yang dikayuhnya melintas di depan Markas Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Solo di Jalan Arifin Solo, Senin (5/10) pagi. Dirinya ditangkap oleh beberapa personel gabungan antara TNI dan Kepolisian.

“Ayo minggir dulu, becaknya ditata yang rapi,” ungkap salah seorang anggota Detasemen Polisi Militer (Denpom) IV/4 Solo, Kopral Kepala Pratika Subagyo Lelono dengan nada tegas.

Segera setelah Martono meminggirkan becak, Kopral Subagyo itu menyuruhnya mengeluarkan dompet dan memeriksa identitas Martono. Alangkah terkejut prajurit TNI ini saat mengetahui tak sepeserpun uang ditemukan dalam dompet tersebut.

“Ini kenapa tidak ada duitnya sama sekali, kita kan sudah merdeka. Ini pelanggaran, harus ditindak tegas,” kata Kopral Subagyo.

Usai diperiksa, Martono semakin kebingungan. Dirinya diminta duduk di sebuah kursi panjang untuk menjalani persidangan. Petugas sidang menanyakan kepada Martono

“Sudah makan atau belum? Kalau belum penjenengan saya hukum dengan menghabiskan satu bungkus nasi dan makanan ini,” katanya.

Operasi ini dilakukan jajaran Denpom IV/4 Solo dalam rangka memperingati HUT TNI yang ke-70 tahun. Operasi yang diberi nama Operasi Dompet Kempes ini menjaring sejumlah tukang becak dan pengguna jalan untuk makan bersama di sebuah angkringan yang telah disediakan.

“Ini semua hanya bercanda saja sifatnya, kita sebagai prajurit TNI maju bersama masyarakat kecil semacam tukang becak ini. Ini merupakan acara kecil-kecilan untuk memeriahkan HUT TNI ke-70 yang jatuh pada hari ini,” ungkap pemrakarsa acara, Kopral Kepala Pratika Subagyo Lelono.

Pria yang juga memegang rekor push up terlama di Indonesia ini memang kerap mengadakan acara-acara unik dalam peringatan HUT TNI.

“Opersi ini digelar bersama dengan Polri. Kami berharap dengan begitu TNI dan Polri tetap rukun, tidak ada perpecahan, untuk kemajuan Indonesia,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge