0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Jamaah Asal Embarkasi Solo Wafat di Pesawat

haji
Jamaah haji tiba di Bandara Adi Soemarmo ()

Solo — Asri Kartiningsih (54), salah seorang jamaah haji kloter 14 asal Cilacap wafat dalam perjalanan pulang dari Jeddah, Arab Saudi menuju Solo, Jawa Tengah pada, Minggu (4/10) dini hari. Saat mendarat, jenazah langsung diserahterimakan kepada pihak keluarga.

“Jenazah almarhumah telah dibawa ke daerah asal yakni di Jalan Ciberem Nomor 20 RT 03/ RW 08 Donan, Cilacap Tengah. Saat menjalankan ibadah haji, almarhumah bersama dengan suaminya, Suprapto Pawiro Diharjo,” kata Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi.

Kloter 14, kata Gentur, menggunakan pesawat GA 6604. Setiba di bandara Adi Soemarmo, petugas PPIH langsung mengurus jenazah untuk dibawa ke asrama haji menggunakan ambulan.

Berdasarkan penuturan dari suami almarhumah, lanjut Gentur, ia masih sempat berkomunikasi dengan sang istri saat pesawat melakukan transit di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh untuk mengisi bahan bakar. Waktu itu, kesehatan almarhumah memang sudah nampak memburuk. Sepanjang perjalanan, almarhumah juga terus tertidur.

“Hingga akhirnya, saat hendak membangunkannya untuk makan, istrinya telah meninggal dunia. Perjalanan waktu itu dari Aceh menuju Solo,” cerita Gentur.

Sementara, tim dokter yang diwakili oleh dr Aton Brilianto menuturkan, almarhumah memiliki riwayat sakit jantung stadium 3-4. Semasa di tanah suci almarhumah sempat dua kali dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) dengan diagnose Congestive Heart Failure (CHF) stadium 3-4.

“Bapak Suprapto melaporkan, jika istrinya meninggal pada jam 01.55 WIB setelah makanan kedua dibagikan. Saat kami melakukan pemeriksaan, keadaan almarhumah memang sudah tidak bernafas lagi, menurut perkiraan kami istrinya wafat sekitar pukul 01.45 WIB, penyebabnya Cardiovascular Diseases (serangan jantung),” terang Aton.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge