0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Haji 2015, 50 Jamaah Asal Embarkasi Solo Wafat

timlo.net/achmad khalik

Kedatangan jamaah haji asal Embarkasi Solo di Bandara Adi Soemarmo beberapa waktu lalu

Solo — Selama musim haji 2015 ini, sebanyak 50 jamaah haji asal Embarkasi Solo dinyatakan meninggal dunia di Arab Saudi. Terkait tingginya angka meninggalnya jamaah haji tersebut, disebabkan berbagai faktor mulai dari musibah, usia ataupun penyakit.

“Total ada 50 jamaah haji yang wafat. Penyebabnya ada yang sakit, usia dan bencana tertimpa crane maupun insiden Mina,” kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Solo, Gentur Rachma Indriadi, Minggu (4/10) siang.

Selain jamaah meninggal, lanjut Gentur, ada beberapa jamaah yang setibanya di Debarkasi Solo harus dirujuk langsung ke rumah sakit. Pasalnya, faktor usia berpengaruh pada daya tahan dan kondisi fisik jamaah haji.

“Ada sekitar enam jamaah dari 10 Kloter yang telah tiba karena untuk pemeriksaan lebih lanjut. Ada pula yang minta dirawat di daerahnya saja,” sambung Gentur.

Dia menuturkan hingga Sabtu (3/10), sudah 12 Kloter yang tiba di Debarkasi Solo dengan jumlah 4.257 jamaah haji yang datang.

Terpisah, Koordinator Pantauan Penyakit PPIH Debarkasi Solo, Sarno Dwiantoro mengatakan hingga saat ini belum ditemukan penyakit serius seperti Ebola, Meningitis Meningokakus, hingga Mers-CoV.

“Sebelum di pulangkan ke daerah pasti akan kami periksa terlebih dahulu. Tetapi kalau jamaah yang sepulang ke daerah merasa sakit wajib periksa ke Puskesmas atau rumah sakit,” ungkapnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge