0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Produksi Beras Naik Sebesar Rp 60 Triliun

foto: Aditya

Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Sukoharjo – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaeman, berharap ada kenaikan penghasilan dari sektor pertanian tanaman padi sebesar Rp 60 Triliun. Angka ini bisa saja terealisasi jika pemanfaatan varietas padi PB3S dan pupuk mikrobia berhasil diterapkan di seluruh Indonesia.

“Kalau kita hitung kasar, dengan kenaikan sekitar tiga ton saja per hektar dikalikan seluruh luasan panen di Indonesia 15 juta hektar, hasilnya dikalikan rata-rata Rp 4 Juta per hektarnya, bisa mencapai angka Rp 60 Triliun,” kata Andi, Sabtu (3/10).

Kementerian Pertanian akan mengembangkan varietas PB3S dan pemakaian pupuk Mikorbia Beka dan Pomi ke seluruh Indonesia. Untuk saat ini masih dilakukan percobaan di Jawa Tengah dan hasilnya cukup memuaskan dengan potensi produksi mencapai 10-11 ton per hektar.

Peningkatan produski ini jika diprosentase mencapai angka 30% dari produksi normal sebelum menggunakan varietas dan pupuk baru. Dan jika dinilai berhasil dalam masa uji coba di Jawa, akan dikembangkan besar-besaran di daerah lain seluruh Indonesia.

“Untuk saat ini memang baru kita ujicobakan di Pulau Jawa, dan dari yang sudah panen menunjukkan adanya peningkatan produksi hingga 30% ini cukup bagus dan akan kita kembangkan lagi,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge