0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPT Pilkada Solo Ditetapkan 399.915 Pemilih

Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo (dok.timlo.net/red)

Solo – Komisi Pemilihan  Umum (KPU) Solo menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan kepala daerah (Pilkada) Solo sejumlah 399.915 pemilih. Pleno penetapan DPT sempat diwarnai skorsing hampir delapan jam lantaran ditemukannya pemilih ganda sejumlah 1.827 pemilih.

“Pleno penetapan DPT kita lakukan Jumat (2/10) kemarin. Sempat kita skorsing untuk lakukan perbaikan data dan selesai tadi malam menjelang pukul 00.00 WIB,” kata Ketua KPU Solo, Agus Sulistyo kepada wartawan, Sabtu (3/10), saat ditemui sebelum melakukan sosialisasi di Balai Muhammadiyah Solo.

Perbaikan data dilakukan karena adanya temuan pemilih ganda sejumlah 1.827 yang disampaikan tim pemenangan pasangan nomor urut 1, Anung – Fajri. Temuan pemilih ganda itu berasal dari penelusuran Tim Anung-Fajri pada daftar pemilih sementara (DPS). Salah satu pemilih yang terdaftar ganda itu bahkan merupakan nama pasangan calon yakni calon wakil walikota M Fajri. Fajri tercatat sebagai pemilih di dua tempat yakni Karangasem dan Banyuanyar.

“Karena ada temuan itu, kita kumpulkan PPK (panitia pemilihan kecamatan) dan PPS (panitia pemungutan suara) untuk melakukan perbaikan. Kebijakan yang kita ambil, kita berpijak pada data terbaru. Misal Fajri tadi, yang bersangkutan melakukan pembaruan data di Banyuanyar. Maka yang di Karangasem kita coret. Jadi, data terbaru yang kita pakai,” bebernya.

Disinggung penyebab masih munculnya pemilih ganda hingga 1.827 pemilih, Agus menduga munculnya data ganda akibat adanya kekosongan mekanisme sinkronisasi antara sistem dan aturan. Ia membantah munculnya data ganda itu lantaran tidak validnya pencocokan dan penilitian (Coklit) oleh petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP).

Adapun jumlah DPT yang ditetapkan KPU Solo sejumlah 399.915 pemilih terdiri 194.315 pemilih laki-laki dan 205.600 pemilih perempuan. Jumlah itu berkurang sebanyak 1.982 pemilih dari jumlah DPS yang ditetapkan beberapa waktu lalu sejumlah 401.897 pemilih.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge