0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bos Galak, Kinerja Anak Buah Justru Buruk

Lingkungan kerja yang menyenangkan

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Lingkungan kerja yang menyenangkan

Timlo.net—Anda mungkin berpikir jika Anda takut terhadap atasan Anda, maka Anda akan bekerja lebih keras untuk membuat dia terkesan. Tapi, menurut sebuah penelitian, budaya rasa takut di tempat kerja justru bisa menurunkan produktivitas.

Para pegawai yang bekerja di dalam hierarki yang ketat, justru cenderung membuang waktu untuk berhadapan dengan tuntutan kerja dan birokrasi. Dengan kata lain, mereka tidak bisa fokus pada pekerjaan yang lebih penting.

Penelitian ini yang diadakan oleh the Chartered Management Institute membandingkan firma-firma dengan susunan organisasi tradisional dengan firma yang dikelola oleh para pekerjanya sendiri.

Mereka menemukan bahwa para pengawai yang berbagi kepemilikan dengan perusahaan mereka lebih cenderung menerapkan nilai keadilan, kepercayaan, kerendahan hati dan keberanian dalam pekerjaan.

Sembilan dari sepuluh pegawai di perusahaan semacam ini berkata jika manajemen perusahaan demokratis dan visionaris, dibandingkan dengan perusahaan yang dikelola secara tradisional. Para pekerja di perusahaan dengan struktur yang ketat cenderung menggambarkan manager mereka sebagai orang yang suka memerintah, mengontrol dan memaksa.

Para atasan biasanya juga jarang membuat keputusan bisnis berdasarkan pada kepatuhan buta terhadap peraturan perusahaan saat para pegawai dipandang sebagai rekan kerja yang sejajar, klaim para peneliti.

Penelitian itu menulis: “Saat orang bekerja dalam budaya takut dan birokrasi, berfokus pada konsumen dan kewirausahaan berkurang. Hal ini berarti pendapatan dan laba yang lebih rendah dan biaya yang lebih tinggi. Saat para pegawai mengelola perusahaan mereka sendiri, budaya yang ada lebih manusiawi, kurang menakutkan dan birokratis.”

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge