0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cek Penggunaan Mikrobia, Jokowi Blusukan ke Sawah

Presiden Jokowi kunjungo persawahan Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk yang kedua kalinya blusukan ke areal persawahan Kelurahan Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo pada tahun ini. Kedatanganya kali ini untuk melihat langsung hasil produski padi menggunakan pupuk mikrobia.

“Saya tegaskan, saya ke sini bukan untuk panennya, tapi memastikan produksinya meningkat, yang satu karena varietasnya, dan yang satunya karena pemakaian mikrobia Pomi dan Beka,” kata Presiden Jokowi, Sabtu (3/10).

Pemakaian pupuk mikrobia ini diyakini bisa menignkatkan produksi padi hingga 30 % dengan kisaran produksi per hektar sekitar 10-11 ton. Dengan adanya kombinasi antara varietas padi PB3S dengan pemakian pupuk Beka dan Pomi diharapkan bisa berhasil dan rencananya akan dikembangkan ke seluruh Indonesia.

Presiden memberikan kesempatan kepada Menteri Pertanian untuk mengembangkan penggunaan pupuk mikrobia dan varietas baru di Pulau Jawa. Untuk kali ini dimulai ratusan ribu hektar. Jika sudah kelihatan hasilnya baru ditingkatkan hingga ke seluruh Indonesia.

“Kita tidak ingin tergesa-gesa. Kalau memang benar sudah gol dan hasilnya kelihatan, baru kita kembangkan ke angka jutaan (hektar),” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge