0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kecanduan Belanja, Tanda Depresi?

belanja
Wanita berbelanja. (Dok: Timlo.net/ Daily Mail.)

Timlo.net—Para peneliti menghubungkan kecanduan belanja atau shopaholic dengan gejala-gejala depresi dan kepercayaan diri yang rendah pada wanita. Mereka mungkin menggunakan belanja sebagai mekanisme untuk melarikan diri atau mengurangi perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan.

“Teknologi modern telah membuat belanja lebih mudah diakses dan nyaman, dengan potensi untuk membuat orang belanja berlebihan, terutama karena faktor sosial media, kartu kredit dan marketing yang canggih,” kata pemimpin penelitian Cecilie Schou Andreassen, dari University of Bergen, Norwegia.

Penelitian itu menunjukkan beberapa kecenderungan dari orang yang mengembangkan ketergantungan belanja. “Kecanduan belanja utamanya terjadi pada kelompok demografis tertentu,” kata Andreassen.

“Utamanya pada para wanita, dan biasanya dimulai pada akhir masa remaja dan awal masa dewasa, biasanya berkurang seiring bertambahnya usia,” katanya.

Penelitian itu juga menunjukkan jika kecanduan belanja dihubungkan dengan ciri-ciri kepribadian tertentu. “Mereka yang memiliki ciri-ciri kepribadian ekstrovert dan neuroticism lebih beresiko mengalami kecanduan belanja,” terang Andreassen.

Dia menjelaskan, “Para ekstrovert, yang biasanya mudah bergaul dan suka mencari sensasi, mungkin berbelanja sebagai sarana mengekspresikan kepribadian mereka atau meningkatkan status sosial dan daya tarik pribadi.”

“Orang yang neurotik, yaitu orang yang cenderung gelisah, depresif dan sadar diri, menggunakan belanja sebagai sarana untuk mengurangi emosi negatif mereka,” tambahnya.

Wanita yang teliti, menyenangkan dan suka rangsangan yang baru dan intelektual kurang beresiko terkena kecanduan belanja. Penelitian itu juga menunjukkan jika gejala-gejala kecanduan belanja seringkali berkaitan erat dengan gejala-gejala kecanduan obat, alkohol atau obat-obat terlarang.

Sumber: Times of India

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge