0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pencarian Pesawat Aviastar Difokuskan ke 4 Sektor

dok.merdeka.com/ist
Pesawat perintis Aviastar (dok.merdeka.com/ist)

Timlo.net — Kepala Basarnas, Marsekal Madya FX Bambang Soelistiyo mengatakan, operasi pokok pencarian pesawat perintis Aviastar yang dinyatakan hilang Jumat (2/10) sore, dimulai hari ini, Sabtu, (3/10). Operasi pencarian difokuskan ke empat sektor di wilayah Palopo.

Dia menuturkan, sesaat setelah mendapat informasi soal hilangnya Pesawat Aviastar, kemarin, pihaknya langsung melakukan initial action atau tindak awal yakni perencanaan, penghitungan teknis SAR, menggerakkan dan berkoordinasi dengan seluruh potensi SAR TNI-Polri dan instansi terkait seperti Angkasa Pura, dan Kementerian Perhubungan.

“Titik pencarian kita fokuskan di empat sektor di wilaya Palopo dengan masing-masing luasan 150 nautical mile squar,” kata FX Bambang Soelistiyo saat berikan keterangan singkat di salah satu ruangan di station fire di Bandara Sultan Hasanuddin usai pertemuan dengan Kapolda Sulsel, Irjen Polisi Pudji Hartanto Iskandar, Pangdam VII Wirabuana, Mayjen TNI Bachtiar dan jajaran lainnya.

Disinggung soal beredarnya informasi seputar lokasi pesawat yang disebut-sebut jatuh di titik tertentu, semua belum bisa dipastikan kebenarannya. Namun informasi sekecil apapun tetap diterima.

“Semua informasi kita tampung. Informasi-informasi itu dipertimbangkan karena titik yang disebut itu semua yang ada di empat sektor yang jadi lokasi fokus pencarian,” ujarnya.

Deputi Bidang Potensi SAR Basarnas Marsekal Muda Sudipo Handoyo menambahkan, kontak terakhir pesawat Aviastar sebelum dinyatakan hilang, dilakukan pada pukul 14.36 Wita. Saat itu pesawat berada di ketinggian 8.000 kaki.

“Saat ini pencarian diplotkan di empat sektor di wilayah Palopoo dengan menyisir garis lurus atau track pesawat dari Masamba ke Makassar,” ujarnya. [noe]

Sumber: Merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge