0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

24 Desainer Kondang Semarakkan SBF 7

Solo Batik Fashion di halaman Balaikota Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo —  Perhelatan besar busana batik bertajuk Solo Batik Fashion (SBF) kembali digelar Jumat-Minggu (2-4/10). Perhelatan tahun ke-7 ini digelar di halaman Balaikota Solo, dan dibawakan oleh 32 model profesional dari sejumlah kota di Indonesia.

“Istimewanya tahun ini kita menggandeng 24 desainer dari Solo, Semarang, dan Yogyakarta,” ungkap Ketua Umum SBF 7 Djongko Rahardjo, Jumat (2/10).

Gelaran kali ini menjadi ajang bagi desainer untuk menuangkan karya fashion mereka dengan material utama adalah batik. Harapannya adalah batik sebagai warisan budaya dapat lebih dilestarikan dan dikenalkan kepada masyarakat melalui tangan para desainer.

“Setiap harinya, ada 12 desainer yang menampilkan karyanya atau ada 100 lebih busana batik yang didesain kreatif serta mengikuti perkembangan zaman,” imbuhnya.

Salah seorang penyaji di hari pertama SBF 7, Thea Adjeng, mengaku bangga bisa menampilkan karyanya di ajang ini. Perempuan yang lama berkarir desain di Negeri Jiran Malaysia ini mengatakan, karyanya kali ini merupakan perpaduan antara gaun Barat dengan corak batik Indonesia.

“Saya memadukan antara Lace dengan batik. Dengan kombinasi dominan warna merah batik terlihat lebih elegan,” ungkapnya.

Kekaguman wanita asli Solo ini terhadap batik juga dituangkan dalam koleksinya yang menggunakan batik dengan warna-warna yang berani. Keindahan motif Lace dan padanan kain soft net dengan detail yang menonjol dia sulap menjadi sebuah gaun malam bernuansa batik yang indah.

Kesan elegan juga terasa dengan adanya detail Pearl dan Diamond Swarovski yang ditaburkan dalam busana rancangannya. Thea mengolah batik menjadi gaun malam yang bernuansa modern namun tidak melupakan akar tradisional masyarakat Indonesia.

“Saya harap industi batik semakin maju, dan batik semakin dikenal oleh masyarakat dunia. Saya juga berharap karya-karya saya mampu diterima masyarakat secara luas, baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge