0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penurunan Harga BBM, Sudirman Said : Tidak Ada Perintah Dari Presiden

merdeka.com

Sudirman Said

Timlo.net — Penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) masuk dalam paket kebijakan ekonomi jilid III yang dikeluarkan pada pekan depan. Paket tersebut dikeluarkan untuk mendorong perekonomian yang tengah melambat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku tidak ada perintah dari Presiden Jokowi untuk menurunkan harga BBM subsidi. Presiden Jokowi, kata dia, hanya meminta para menteri mencari cara menggairahkan perekonomian Indonesia.

“Yang saya tangkap, Presiden sedang terus mencari berbagai solusi bagaimana cara menggairahkan perekonomian yang sedang melambat. Kementerian ESDM baru diminta mengkaji kemungkinan perubahan harga BBM. Tidak ada sama sekali perintah menurunkan harga,” ujar dia di Jakarta, Jumat (2/10).

Dia menegaskan saat ini ESDM dan PT Pertamina (persero) tengah mencari formula penghitungan penyesuaian harga BBM subsidi. Selain itu, ESDM bakal mengkaji manfaat dan keuntungan apabila harga BBM turun.

“Saya yakin kebijakan terbaik apapun, adalah yang memberi manfaat lebih besar dibandingkan mudharatnya. Dan Pak Presiden sepanjang interaksi saya selama ini, selalu menghormati judgement profesional,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas membahas Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III. Ini merupakan kelanjutan dari paket ekonomi sebelumnya.

Menurut Jokowi sapaan akrabnya, paket kebijakan ini akan dikeluarkan pekan depan. Dalam kebijakan ini, Jokowi ingin harga BBM Premium dan bunga bank bisa turun.

“Di rapat terbatas ini akan kita tindak-lanjuti untuk paket ekonomi yang ketiga yang pada awal minggu depan saya harapkan sudah dapat dikeluarkan lagi. Pertamina agar menghitung lagi, apakah premium masih mungkin diturunkan lagi meskipun sedikit,” katanya.

[bim]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge