0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pembongkaran Median Jalan Lawu Tunggu Lelang

timlo.net/nanang rahadian

Median jalan lawu Lawu dibongkar tahun ini

Karanganyar — Median jalan yang selama ini membentang dari perempatan Papahan hingga perempatan Satlantas tahun ini mulai dibongkar. Namun pelaksanaan pembongkaran itu masih menunggu lelang untuk menentukan rekanan yang akan melepas tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) lama dan memasang PJU tenaga surya.

“Pembongkaran median jalan di ruas jalan utama di Karanganyar itu dilakukan, untuk melebarkan badan jalan dan memperlancar arus lalu lintas,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar Titis Sri Jawoto, Jumat (2/10).

Pekerjaan akan dilakukan bertahap. Pada tahun ini, pembongkaran median dilakukan mulai dari kawasan Papahan hingga perempatan Pegadaian di tengah kota. Sedangkan saat ini proses lelang untuk penentuan rekanan yang akan mencopot PJU sedang berlangsung.

“Kalau lelang sudah selesai, rekanan sudah ada, PJU baru bisa dicopot. Setelah itu, bersamaan bangunan median jalan akan dibongkar,” katanya.

Bersamaan pengerjaan pembongkaran dan pencopotan PJU itu, DKP berencana memasang lampu PJU tenaga surya sebagai lampu penerangan baru. Sehingga kawasan Jalan Lawu tidak gelap gulita, karena PJU lama dicopot,

“PJU pengganti langsung terpasang. Tapi yang baru bertenaga surya,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pembongkaran median jalan tersebut dianggarkan Rp 200 Juta. Sedangkan untuk PJU, dianggarkan Rp 9,6 Miliar. Selain untuk membiayai pencopotan tiang PJU lama di median jalan yang dibongkar, anggaran itu juga untuk membiayai pemasangan PJU tenaga surya di sejumlah titik di Karanganyar.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge