0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Terlanjur Urunan, Patung Gatotkaca Terancam Gagal Dibangun

timlo.net/aditya wijaya

Tugu Punakawan di perempatan Semangkak, Klaten yang bernilai Rp 510 juta

Klaten – Kemunculan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (SE Mendagri) No 900/4627/SJ tentang tata cara pencairan hibah dan bantuan sosial (bansos) mengakibatkan Paguyuban Seni Rupa Klaten (Pasren) terancam gagal membangun dua patung.

“Sejauh ini anggaran belum turun. Katanya karena ada edaran Mendagri. Mungkin enggak jadi mengingat anggaran (patung) ikut tercantum dalam APBD Perubahan,” ungkap Ketua Pasren, Ansori, Jumat (1/10).

Beberapa bulan lalu, Pasren yang bernaung di bawah Dewan Kesenian diminta Bupati Klaten Sunarna untuk membuat patung di dalam Kota yang mengangkat kebudayaan dan pedalangan. Setelah beberapa kali bertemu dan disetujui, pihaknya melalui Dewan Kesenian menerima anggaran Rp 500 juta dalam APBD Perubahan 2015 untuk pembuatan patung Gatotkaca dan Bima.

“Lokasinya di Simpang Lima Matahari Plasa, dan persimpangan Terminal baru Buntalan. Jadwal dikerjakan seharusnya awal September dan selesai dalam waktu tiga bulan. Tapi kami tidak tahu persis gagal atau ditunda (pembangunan patung) karena belum ada penjelasan rinci lagi,” ujar Ansori.

Untuk merealisasikan permintaan tersebut, pihaknya telah merogok koceh Rp 10 juta yang berasal dari patungan anggota Pasren. Dana talangan itu digunakan untuk pembuatan maket yang berisi detail tinggi patung, biaya, dan lain sebagainya.

“Sekali lagi itu bukan orientasi kami. Kami hanya mendapat tugas dari pak bupati. Kami sudah mengiklashkannya (Rp 10 juta) karena sudah niatnya kami untuk membuat Klaten menjadi bagus, indah dan banyak patungnya,” imbuhnya.

Disinggung upaya pembangunan patung pada anggaran tahun depan, Ansori menjawab pasrah. Pasren hanya berkeinginan agar pembangunan patung di Klaten bukan seperti patung Ki Narto Sabdo yang terletak di Jalan Merapi yang jauh dari nilai seni.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge