0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Klaten Masuk 5 Besar Kecelakaan Tertinggi di Jateng

timlo.net/aditya wijaya

Monumen Kecelakaan Lalu Lintas Klaten

Klaten – Angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Klaten terhitung tinggi. Polres Klaten mengajak orangtua mengingatkan anak-anaknya untuk meningkatkan keselamatan berlalu lintas. Hal itu disampaikan dalam kegiatan Gebyar Keselamatan Berlalu Lintas di Mapolres setempat, Jumat (2/10).

“Orangtua harus membangun kesadaran anak agar tertib dan disiplin berkendara serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. Kalau anak ingin naik motor, ya disiapkan kemampuan dan ketrampilannya, serta mengantongi SIM,” kata Kapolres Klaten AKBP Langgeng Purnomo, Jumat (2/10).

Pihaknya masih banyak menjumpai pelanggaran para pengendara. Diantaranya, tidak mengenakan helm standar, berboncengan melebihi kapasitas, tidak menyalakan lampu utama, melanggar traffic light, hingga pengendara di bawah umur.

Disisi lain, dari total 29 kabupaten atau kota, Klaten ternyata masuk dalam lima besar angka kecelakaan tertinggi di wilayah Jawa Tengah. Korban kecelakaan didominasi pekerja swasta dan pelajar.

“Berbagai upaya mulai dari preemtif, prefentif, dan represif sudah kita laksanakan. Untuk pelajar kami menggandeng Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah di Klaten melalui edukasi dan sosialisasi tentang keselamatan dan ketertiban berkendara,” jelasnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Klaten AKP Kemas Indra Natanegara membeberkan, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Klaten pada bulan September 2015 menurun dibanding bulan Agustus.

“September ada 58 kejadian, termasuk satu korban meninggal dunia, 13 korban luka berat, dan 100 korban lainnya mengalami luka ringan. Kerugian material mencapai Rp 138 juta. Sedangkan Agustus ada angka 62 kejadian, meninggal dunia tiga orang, luka berat 8 orang, luka ringan 114 orang, dan total kerugian material Rp 180 juta,” bebernya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge