0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tosan Jadi Saksi Kunci, Pengamanan Super Ketat

merdeka.com

Tosan

Timlo.net – Ketua Komisi C DPRD Propinsi Jawa Timur, Thoriqul Haq, meminta aparat keamanan memberikan jaminan keamanan bagi korban penganiayaan kasus tambang Lumajang, Tosan. Keterangan dari yang bersangkutan sangat dibutuhkan untuk kunci pengungkapan kasusnya.

“Pak Tosan menjadi bagian penting dalam penyidikan dan pengungkapan kasus ini. Beliau saksi kunci pengungkapan dari pembunuhan berencana. Keselamatannya harus benar-benar terjamin,” kata Thoriqul Haq, Kamis (1/10).

Pihaknya telah menemui sejumlah pihak termasuk Polda Jawa Timur dan beberapa instansi lain untuk mewaspadai segala bentuk kemungkinan. Persoalan yang terjadi, katanya, bukan hanya kriminal biasa, karena di belakangnya ada persoalan lain yakni persoalan tambang dan lingkungan.

Kasus ini muncul setelah ada korban, padahal sejatinya sudah lama praktik pertambangan ilegal itu berlangsung di Lumajang. Karena itu, segala kemungkinan patut diwaspadai.

“Ini mengindikasikan adanya keterlibatan banyak pihak. Diduga ada pihak-pihak tertentu, oknum aparat di Lumajang yang terlibat,” katanya.

Pihaknya berharap kasus ini tidak hanya diselesaikan pada tahapan kasus kriminalitasnya saja, tetapi juga dituntaskan kasus pertambangannya. Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, ada pengalihan kewenangan dari pemerintah kabupaten pada Pemerintah Propinsi.

“Sekarang sudah dihentikan, sebelum banyak korban yang lain. Lumajang memiliki 62 titik tambang yang tidak jelas, baik itu yang berizin atau tidak,” kata Wakil Ketua Komisi A, Miftahul Ulum.

Sementara dalam pertemuannya dengan keluarga Tosan, rombongan anggota DPRD Jawa Timur melihat kondisi Tosan yang semakin membaik. Walaupun demikian, kondisi sewaktu-waktu masih drop dan tidak terkontrol.

“Harus dipantau secara khusus, memang bisa diajak bicara tetapi tidak banyak-banyak. Kalau terlalu lama nafasnya tersengal dan sesak,” kata Thoriq.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge