0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebijakan Forward Diterapkan, Rupiah Tetap Melemah

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Nilai tukar rupiah terhadap dolar kembali melemah pada pembukaan perdagangan Jumat (2/10). Rupiah dibuka di level Rp 14.700 per USD. Angka ini melemah dari penutupan kemarin yaitu di level Rp 14.691 per USD.

Data Bloomberg index mencatat, pergerakan nilai tukar cenderung melemah dalam satu jam perdagangan. Rupiah menyentuh titik terendah yaitu Rp 14.726 per USD pukul 08.05 WIB. Namun, Rupiah kembali menguat ke level Rp 14.708 per USD.

Jika dibanding kemarin, pergerakan nilai tukar Rupiah hari ini cenderung melemah. Data Bloomberg kemarin mencatat, Rupiah dibuka menguat 24 poin ke level Rp 14.628. Sementara, kurs tengah Bank Indonesia kemarin menguat 71 poin ke level Rp 14.657 dari posisi hari sebelumnya Rp 14.696 per USD.

Sebelumnya, BI melakukan pelonggaran kebijakan agar pasokan dolar bertambah di pasar perdagangan mata uang informal (forward).

“Dulu eksportir kalau mau jual forward kalau jumlah tanpa underlying (jaminan) kan USD 1 juta, kami naikan jadi USD 5 juta. Ini permudah suplai forward jual,” kata Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityswara .

Selain itu, pelonggaran kebijakan yang dilakukan BI untuk menambah pasokan dolar di pasar forward adalah memperbolehkan bukti simpanan dalam negeri atau deposito dijadikan sebagai jaminan atau underlying untuk bertransaksi forward.

“Holding period dulu 1 bulan jadi 1 minggu. SBI tadinya eksportir asing kalau mau beli SBI yang dulu harus tunggu sebulan sekarang cukup seminggu bisa jual lagi. Ini juga diharapkan menambah supply valas di spot baik masuk nya SBI ini atau nanti kami keluarkan SDBI Valas untuk tambah suplai dari spot,” imbuh Mirza.

Mirza menegaskan, relaksasi kebijakan berupa insentif pajak deposito yang dikeluarkan pemerintah akan menambah pasokan dolar di pasar spot. Sementara relaksasi underlying yang dikeluarkan BI bisa menambah pasokan dolar di pasar forward.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge