0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Malem 1 Suro, Jatuh Pada 14 Oktober 2015

Dok.Timlo.net/ Heru Murdhani
Kirab Kerbau Bule Malam 1 Sura di Solo (Dok.Timlo.net/ Heru Murdhani)

Solo – Keraton Kasunanan Surakarta bakal melaksanakan kirab pusakan malam satu Suro pada tanggal 14 Oktober 2015 malam. Rencananya, ada 9 ekor Kerbau keturunan Kyai Slamet dan 9 pusaka akan diarak berkeliling Solo sebagai peringatan tahun baru Jawa.

“Peringatan Malam Satu Suro ini berbeda dengan peringatan malam 1 Muharam 1437 H. Satu Suro itu penanggalan Jawa. Peringatan malam satu Suro akan dilaksanakan pada tanggal 14 Oktober 2015 malam,” ungkap salah satu kerabat Keraton Kasunanan Surakarta, KP Satriyo Hadi Nagoro, Kamis (1/10).

Dikatakan Pelaksanaan kirab pusaka keraton akan berjalan seperti adat sedia kala, dari Keraton (Kori Kamendungan) menuju alun-alun hingga ke Gladag. Keberadaan pasar darurat Klewer yang berada di Alun-alun utara Keraton, tidak akan mengganggu berlangsungnya kirab.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan dan pemerintah Kota Solo, dan kita menjamin tidak akan mengganggu keberadaan pasar darurat ini,” ungkapnya.

Kirab akan diikuti ribuan abdi dalem para pengeran dan juga kerabat keraton. Pihaknya menghimbau kepada warga yang ingin mengikuti Kirab Malam Satu Suro segera mendaftar ke pihak panitia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge