0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agustus, Jumlah Wisman Meningkat 1,37 Persen

timlo.net/setyo pujis

Wisman saat berkunjung ke Puri Mangkunegaran.

Solo – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo selama bulan Agustus mengalami peningkatan. Dari pantauan yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Solo, jumlah wisman yang berkunjung didominasi warga negara Malaysia.

“Jumlah wisman yang datang pada Agustus 2015 sebesar 740 orang, atau meningkat sekitar 1,37 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 730 orang,” ujar Kepala BPS Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Kamis (1/10).

Dirinya mengatakan, dari total wisman yang datang ke Solo rata-rata didominasi oleh warga negara Malaysia yaitu sekitar 376 orang, warga negara Singapura 97 orang dan selanjutnya disusul oleh warga negara Thailand dan Australia masing-masing 24 dan 23 orang.

Kendati demikian, dia juga menyampaikan jika kenaikan jumlah wisman pada Agustus 2015 tersebut tidak seberapa jika dibandingkan kunjungan wisman pada bulan yang sama tahun sebelumnya. Pasalnya pada Agustus 2014 jumlah wisman yang berkunjung mencapai 1.399 orang.

Sementara itu, naiknya jumlah wisman pada Agustus 2015 tersebut nampaknya juga berbading lurus dengan tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang. Karena dari data yang ada, untuk TPK selama bulan Agsutus tercatat sekitar 50,19 persen atau lebih tinggi jika dibandingkan bulan Juli sebelumnya yang hanya 45,55 persen.

“Kalau melihat data tersebut terjadi kenaikan sebesar 4,64 poin jika dibandingkan bulan sebelumnya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge