0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anak SLB Harus Hafal Pancasila

timlo.net/aditya wijaya

SLB Santi Yoga Klaten peringati hari Kesaktian Pancasila

Klaten — Menyambut hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap 1 Oktober, sejumlah siswa-siswi Sekolah Luar Biasa (SLB) C Santi Yoga Klaten menggelar lomba menghafal teks Pancasila dan melukis setiap lambang sila dalam Pancasila.

“Lomba ini sengaja kami gelar untuk lebih mendekatkan anak-anak dengan Pancasila,” kata Kepala Sekolah SLB-C Santi Yoga Klaten, Soeripto, Kamis (1/10).

Kendati memiliki keterbatasan dan perlu dibimbing, sebagian siswa yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) berlokasi di Jalan Merapi 1 A Klaten ini mampu menghafalkan sila demi sila yang menggunakan Garuda sebagai lambangnya tersebut.

Tak sedikit juga peserta lomba yang mengucapkan kelima sila secara acak tak berurutan. Bukannya hukuman yang didapat, justru menghadirkan gelak tawa keceriaan diantara murid dan guru di lembaga pendidikan pada anak berkebutuhan khusus spesialisasi tunagrahita ringan dan sedang ini.

“Meski anak-anak memiliki keterbatasan, tetapi semangat kebangsaan dan jiwa Pancasila harus ditanamkan sejak dini. Sehingga bangsa ini tidak kehilangan jati dirinya,” ujar Soeripto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge