0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tukar Guling Mantan Kades, Ternyata Ada SK Bupati Untung

timlo.net/agung widodo

Ketua Komisi I DPRD Sragen, Suroto (kiri) didampingi Wakil Ketua, Inggus Subaryoto

Sragen – Tukar guling tanah kas Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, membuat Komisi I DPRD Sragen akan memanggil semua pihak terkait untuk dimintai penjelasan.

“Sesuai dengan tugas dan kewenangan kita, nanti kita akan memanggil pemerintahan, terutama bagian aset. Tapi hasil dari sidak ini terlebih dahulu akan kami laporkan ke pinpinan dewan,” kata Ketua Komisi I, Suroto usai bertemu dengan Kepala Desa (Kades) Karanganyar, Giyono dan Sekretaris Desa, Sukardi di Balai Desa Karanganyar, Kamis (1/10).

Kedatangan Komisi I ini, lantaran informasi adanya tukar guling tanah kas yang dilakukan mantan Kades, Joko Widodo. Tanah kas berupa kantor balai desa seluas 1.200 meter persegi itu ditukar dengan sawah miliknya dengan luas 3.500 meter persegi. Sedangkan yang jadi masalah adalah, tanah kas desa itu kemudian dipakai untuk kepentingan pribadi mantan Kades, yakni didirikan rumah yang sekarang ditempati. Pasalnya dalam aturan yang ada tanah tukar guling tersebut tidak diperbolehkan untuk kepentingan pribadi.

Wakil Ketua Komisi I, Inggus Subaryoto menjelaskan, dari hasil pembicaraan dengan Kades dan Sekdes setempat, tukar guling yang terjadi pada tahun 2007 tersebut juga sudah ada surat keputusan (SK) dari Bupati Sragen Untung Wiyono (saat itu).

“Walaupun ini ada surat SK dari bupati tapi ternyata SK itu juga belum tuntas,” kata Inggus.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge