0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Masih Aman Kekeringan

timlo.net/nanang rahadian

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Nugroho

Karanganyar — Tak kurang dari enam bulan wilayah Karanganyar tidak diguyur air hujan. Meski begitu, wilayah Karanganyar masih dinyatakan aman dari bencana kekeringan. Hingga saat ini, belum ada daerah di kabupaten tersebut, yang meminta bantuan air bersih.

“Di Jateng, ada tiga kabupaten yang belum tersentuh sebaran hujan selama beberapa bulan terakhir. Karanganyar salah satunya,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nugroho, Kamis (1/10).

Sampai saat ini BPBD Karanganyar belum menetapkan status siaga 1 terkait kekeringan yang terjadi. Menurutnya, siaga 1 ditetapkan jika masyarakat melaporkan, di wilayahnya tidak ada air bersih sama sekali. Sejauh ini, belum ada laporan yang masuk.

“Artinya, wilayah-wilayah yang rawan kekeringan, masih bisa mendapatkan air bersih dari sumber yang mereka gunakan,” katanya.

Di Karanganyar, sedikitnya ada empat wilayah merupakan titik rawan kekeringan yakni Gondangrejo, Kerjo, Mojogedang dan Kebakkramat.

Nugroho menghimbau jika terjadi kekurangan air di wilayah mereka, agar segera melaporkan ke BPBD.

“Akan kami tindak lanjuti dengan dropping air bersih,” tandasnya.

Meski kebutuhan air bersih saat ini masih tercukupi, namun pihaknya tetap memantau wilayah-wilayah rawan kekeringan. Setiap hari, BPBD berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, untuk memastikan tidak ada wilayah yang kesulitan air bersih.

“Informasi yang kami terima, hujan diperkirakan masih akan turun pada akhir Oktober,” jelasnya

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge