0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komisi I Nyatakan Tukar Guling Desa Karanganyar Salahi Aturan

timlo.net/agung widodo

Komisi I DPRD Sragen saat sidak di Balai Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, Kamis (1/10).

Sragen – Tukar guling tanah kas desa (dulu bekas Kantor Desa Karanganyar) yang dilakukan mantan Kepala Desa Karanganyar, Joko Widodo tahun 2007 silam dinilai menyalahi aturan. Komisi I DPRD Sragen menilai, tukar guling tersebut perlu ditinjau ulang sesuai aturan yang jelas.

“Kita sudah dapat penjelasan dari Sekretaris Desa kalau tukar guling itu tingkat kebenarannya masih diragukan dan masih akan kita dalami,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Sragen, Inggus Subaryoto kepada wartawan usai sidak di Balai Desa Karanganyar, Sambungmacan, Kamis (1/10).

Inggus mengungkapkan, proses tukar guling tanah kas desa itu jelas menyalahi aturan yang ada. Apalagi hasil dari tukar guling tersebut digunakan mantan Kades untuk kepentingan pribadi, yakni sebagai tempat tinggal. Semestinya tukar guling harus digunakan untuk kepentingan umum.

“Semestinya ini dari tanah pemerintah kembali ke pemerintah lagi. Kalau untuk pribadi sudah jelas menyalahi aturan,” jelas Inggus.

Selain itu, berdasarkan Permendagri Nomor 4 Tahun 2007, proses tukar guling harus mendapat ijin dari provinsi, yakni Gubernur Jawa Tengah. Sebelum diajukan ke gubernur terlebih dahulu harus ada rekomendasi camat, persetujuan bupati, selanjutnya baru bisa dilaksanakan tukar guling.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge