0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Merbabu Terbakar, Api Nyaris Merambah Kawasan Hutan Lindung

timlo.net/nanin

Asap Hutan Gunung Merbabu terlihat jelas mengepul dari Desa Genting,Cepogo

Boyolali — Kebakaran hutan Gunung Merbabu terus meluas, hingga hari keempat, Kamis (1/10), api belum berhasil dipadamkan. Kebakaran terus meluas dn nyaris merambah kawasan hutan lindung di wilayah Desa Ngadirojo, Kecamatan Ampel.

“Titik api terbesar masih di atas Dukuh Candilaras, Desa Candisari, Ampel, hingga saat ini belum bisa dipadamkan, bahkan semakin meluas ke sisi utara,” kata Danramil Ampel, Kapten (Arm) Joko Priyanto, Kamis (01/10).

Dijelaskan, api mengarah ke utara atau ke kawasan hutan lindung Desa Ngadirojo yang bersebelahan dengan Desa Jlarem dan Ngargoloka. Kepulan asap terlihat jelas dari bawah gunung. Kepulan asap tersebut diduga merupakan sisa-sisa pembakaraan tonggak pohon sejak beberapa hari lalu.

“Apinya nyaris sampai ke kawasan hutan lindung, tadi warga sudah naik untuk membuat sekat-sekat,apinya biar tidak terus merembet,” tambahnya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, membenarkan kebakaran hutan di lereng Merbabu belum bisa dipadamkan sepenuhnya. Bahkan kobaran api juga terus mengarah ke bawah dan sangat besar sekali apinya.

“Semoga sekat-sekatnya bisa efektif karena apinya besar sekali,” ujarnya.

Sementara warga di sejumlah dusun di Lereng Merbabu mulai mengalami dampak kebakaran hutan. Hal ini terkait dengan pipa air minum yang ikut terbakar. Dampak kesulitan air bersih mulai dirasakan warga menyusul pipa air yang terbakar.

“BTNG Merbabu harusnya bisa lebih maksimal melakukan pemadaman, sehingga apinya tidak terus meluas,” tambahnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge