0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Survei: Rasa Cinta dan Hasrat Pada Pasangan Menurun Setelah Setahun

Bercinta

Dok: Timlo.net/Indian Express

Bercinta

Timlo.net—Rupanya hanya diperlukan 12 bulan untuk sebuah hubungan asmara untuk kehilangan getarannya. Sebuah penelitian berskala besar menemukan jika hasrat pasangan memuncak setelah setahun bersama, tapi setelah itu menurun.

Setelah bersama selama 16 tahun, para pasangan merasa kehidupan asmara mereka kurang memuaskan (70 %) bila dibandingkan saat awal mereka bersama. Para peneliti yang berasal dari Jerman ini tidak yakin pasti kenapa hanya perlu waktu setahun untuk membuat gairah pasangan menurun.

Tapi mereka berkata seiring berjalannya waktu, perbedaan dorongan seksual di antara pasangan menjadi semakin jelas. Mereka membuat teori ini setelah menganalisa hasil dari sampel nasional dari 3.000 pria dan wanita berusia 25 hingga 41 tahun.

Mereka ditanya beberapa kali tentang seberapa puasnya mereka terhadap kehidupan seksual mereka. Beberapa pasangan dalam survei baru saja memulai hubungan, sementara yang lain sudah bersama selama 24 tahun.

Jawaban mereka mengungkapkan jika kepuasan naik di awal hubungan, dan memuncak tepat pada 12 bulan. Enam tahun kemudian, kepuasan itu menurun 27 persen, tulis jurnal Archives of Sexual Behavior. Penurunan ini juga tidak bisa dihubungkan dengan kehadiran anak dalam kehidupan mereka.

Para peneliti dari Ludwig Maximilian University di Munich berkata: “Kami tidak bisa menyimpulkan jika memiliki anak memiliki pengaruh besar terhadap kepuasan seksual pasangan. Hal ini mengejutkan karena penelitian lain menunjukkan frekuensi seksual sangat dipengaruhi oleh kehadiran dan usia anak.”

Akan tetapi, pertengkaran dan kurangnya kemesraan dianggap berpengaruh. Para peneliti berkata hasrat di antara pasangan naik di tahun pertama karena pasangan baru sedang asyik saling menjelajahi selera pasangan. Hasrat mereka bisa langsung turun jika terjadi ketidakcocokkan dalam hal libido.

Penelitian menunjukkan hasrat seksual pria tidak berubah seiring waktu, tapi wanita cenderung kehilangan minat mereka. Hal ini bisa mengurangi hasrat pasangan. Dr. Pam Spurr, ahli hubungan,  berkata: “Hal ini tidak mengejutkan saya karena penelitian sebelumnya menunjukkan jika daya tarik seksual pada fase bulan madu menurun setelah 18 bulan.”

Tapi berita baiknya banyak pasangan mengembangkan keintiman emosional yang lebih dalam yang menjembatani penurunan ini. Mereka juga memiliki pendekatan yang lebih dewasa tentang bagaimana memuaskan pasangan.

“Sayangnya pasangan yang tidak bisa mengatasi transisi ini mengalami banyak kesulitan untuk menerima jika kehidupan cinta mereka berubah. Beberapa pasangan yang berusaha mencari pelepasan seksual dengan berselingkuh justru memperumit masalah,” tambah Pam.

Sumber: Daily Mail.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge