0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Solo Salurkan Bantuan 3 Pompa Air ke Pracimantoro

dok.timlo.net/dhefi nugroho
Kantor PMI Kota Solo, di Jl Kol Sutarto, Jebres (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo menyalurkan bantuan terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana kekeringan di wilayah Pracimantoro, Wonogiri. Bantuan yang diberikan berupa tiga mesin pompa air dan sejumlah jaringan pipa.

“Bantuan ini akan kami salurkan pada pekan depan, karena pipa yang kami pesan belum tiba di markas PMI Solo.” ungkap Sekretaris PMI Cabang Solo, Sumartono Hadinoto, Kamis (1/10).

Bantuan senilai Rp 200 juta tersebut akan diserahkan kepada perangkat desa setempat. Termasuk pengoperasian mesin pompa akan dilakukan perangkat desa. Sedangkan pemasangan pipa akan dilakukan pihak PMI yang bergotong-royong dengan masyarakat desa. Untuk beban listrik operasional mesin pompa dibebankan kepada Kecamatan.

Selama ini PMI Cabang Solo telah menyalurkan sejumlah bantuan ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan. Bantuan tersebut berupa droping air bersih. Namun cara ini dianggap hanya bisa menjadi solusi sementara, dan tidak menyentuh pada akar permasalahan. Selain itu droping air juga sering tidak merata, sehingga masih ada masyarakat yang tidak terjamah.

“Karenanya bantuan kita alihkan menjadi mesin pompa air, atau pembuatan saluran air dengan pipa-pipa, karena ini lebih efektif digunakan bagi mereka,” katanya.

Dikatakan, rencana pengiriman bantuan sebenarnya dijadwalkan pada 2016 mendatang. Namun melihat kondisi di lapangan jadwal tersebut dimajukan pada bulan Oktober ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge