0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tari Indonesia Jaya Semarakkan Hari Kesaktian Pancasila

dok.timlo.net/humas pemkot solo
Tarian Indonesia Jaya di halaman Balaikota Solo (dok.timlo.net/humas pemkot solo)

Solo – Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Balaikota Solo, Kamis (1/10) berlangsung khidmat, diikuti ribuan pegawai negeri sipil (PNS) dari lingkungan Pemkot Solo, mahasiswa, pelajar, penggiat seni, ormas dan jajaran Muspida. Uniknya, dalam upacara tersebut digelar karya Tari Indonesia Jaya dari Sanggar Tari Suryo Sumirat Pura Mangkunegaran.

“Tarian Indonesia Jaya merupakan karya dari Guruh Sukarnoputra, dengan penata tari Sono SS,” ungkap Kepala Bagian Humas Protokol Pemkot Solo, Heri Purwoko.

Tari ini dibawakan oleh 14 penari, 10 penari wanita, lima di antaranya mengenakan kostum berwarna merah merah, sedangkan lima lainnya mengenakan kostum warna putih. Begitu pula empat penari pria, mengenakan kostum merah putih, seolah membentuk kombinasi warna merah putih melambangkan bendera Indonesia. Tari Indonesia Jaya menggambarkan keanekaragaman budaya nusantara, dengan memegang teguh falsafah Bhineka Tunggal Ika atas dasar Pancasila.

Bertindak inspektur upacara Kepala Kejaksaan Negeri Surakarta Didik Djoko Poerwoko. Dalam upacara tersebut tidak ada amanat yang disampaikan. Hanya saja, Djoko Purwoko menyebutkan momen Kesaktian Pancasila ini adalah momen untuk mengintrospeksi diri untuk masa depan yang lebih baik.

“Untuk introspeksi agar di masa mendatang Indonesia menjadi semakin baik,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge