0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Klaten Pinjamkan 56 Sepeda Motor Bagi Polres dan Kodim

timlo.net/aditya wijaya

Puluhan sepeda motor yang akan dipinjamkan Pemkab kepada Polres dan Kodim Klaten

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten membeli puluhan sepeda motor bagi Kepolisian Resort (Polres) Klaten dan Kodim 0723/Klaten. Anggaran kendaraan itu bersumber dari APBD 2015.

“Merknya semua sama, yakni sebanyak 56 Suzuki Thunder,” ujar Kepala Bidang Aset Daerah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Klaten, Jajang Prihono, Rabu (30/9).

Dijelaskannya, pengadaan motor operasional tersebut didukung Permendagri 17/2007 dan PP 24/2014, tentang pengelolaan barang milik daerah. Adapun status 56 motor baru itu adalah pinjam pakai selama dua tahun, bukan hibah.

Untuk Polres Klaten menerima pinjaman 26 motor dan sudah diserahterimakan kemarin (Selasa, 29/9). Sementara Kodim Klaten diberikan pinjaman 30 motor, dan secara resmi diserahkan besok (Kamis, 1/10) dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Total anggaran 56 motor itu Rp 900 juta. Statusnya pinjam pakai sehingga aset tetap milik Pemkab. Tapi segala operasional, pajak, dan servis menjadi kewajiban pemakai,” jelas Jajang.

Tidak hanya motor, Pemkab Klaten juga melakukan proses pinjam pakai dua mobil Toyota Avanza kepada Pimpinan Cabang NU (PCNU) Klaten dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Klaten. Adapun proses serah terima mobil sebesar Rp 358 juta yang bersumber dari APBD murni ini sudah dilakukan pekan lalu.

“Selama mendukung kegiatan pemerintahan di bidang poleksosbudhankam (politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan) dan keagamaan, pinjam-pakai kendaraan tidak terbatas pada siapa saja. Banyak instansi dan organisasi yang sudah mengajukan, tapi kami menerapkan skala prioritas,” imbuh Jajang.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge