0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Merbabu Terbakar, Api Menjalar Hingga ke Utara

timlo.net/nanin

Asap Hutan Gunung Merbabu terlihat jelas mengepul dari Desa Genting,Cepogo

Boyolali — Kebakaran hutan Gunung Merbabu hingga hari ketiga, Rabu (30/9), api belum berhasil dipadamkan. Bahkan api merembet ke sisi utara gunung. Api juga merembet ke bawah atau menuju ke jurang yang curam. Kondisi ini mengakibatkan petugas kesulitan melakukan pemadaman.

“Medannya sangat sulit, curam dan jurang, kita harus lebih waspada,” ungkap Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Himawan, Rabu (30/9).

Pihaknya belum mengetahui kepastian luasan lahan yang terbakar. Pasalnya hingga saat ini api masih terus membakar lahan Merbabu di sisi utara.

“Kalau ada drone kemungkinan kita bisa memantau luasan lahan yang terbakar,” tambahnya.

Disisi lain, ketika disinggung penyebab kebakaran, dia menyebut, kemungkinan besar adalah ulah manusia. Namun hingga kini petugas kesulitan memergokinya.

“Kalau karena cuaca jelas tidak mungkin, kecuali ada petir besar yang menyambar pepohonan yang telah mengering,” imbuhnya.

Sementara itu, Danramil Ampel, Kapten (Arm) Joko Priyanto mengungkapkan, kebakaran di sisi selatan Merbabu saat ini sudah hampir padam. Namun kondisi angin yang kencang membuat api menjalar ke arah utara, yakni di atas Gua Kalong, Dukuh Candilaras, Desa Candisari, Kecamatan Ampel

“Di atas Candilaras, Candisari, api yang paling besar,” tambahnya.

Dijelaskan, saat ini upaya penanganan kebakaran terus dilakukan. Hanya saja mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu, tim gabungan diminta untuk memperioritaskan keselamatan masing-masing.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge