0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Maling Spesialis Motor di Sawah Dibekuk Polisi

timlo.net/nanang rahadian

Tersangka saat gelar perkara di Mapolres Karanganyar, Rabu (30/9)

Karanganyar — Suradi (35) warga Tohkuning, Karangpandan, tersangka pencurian 35 sepeda motor, merupakan spesialis pencuri motor di sawah. Sebagian besar hasil curiannya didapat tersangka saat beraksi di tengah sawah.

“Motor-motor yang ditinggal petani ke sawah apalagi dengan kunci yang masih tergantung merupakan sasaran empuk tersangka,” kata Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, Rabu (30/9).

Suryo mengatakan, modus korban dalam mencari sasaran hanya acak saja. Korban yang sudah berniat mencuri menitipkan motornya di terminal dan ganti naik angkutan pedesaan. Saat melintasi daerah persawahan dan melihat ada motor ditinggal pemiliknya ke sawah tersangka langsung beraksi.

“Tak sampai 5 menit tersangka sudah berhasil membawa kabur motor curian,” kata Kasubag Humas.

Dari 35 kasus pencurian kendaraan bemotor yang dilakukan tersangka 17 diantaranya sudah ada laporan kehilangan dari warga sedangkan sisanya masih dalam penelusuran pihak polisi.

“Dari 17 laporan, di Polsek Ngargoyoso, Karanganyar, Matesih, Jaten, Jatipuro, Jumapolo masing-masing 1 laporan, sedangkan di Karangpandan dan Jumantono 3 laporan. Sisanya merupakan laporan dari luar daerah,” katanya.

Sedangkan tersangka Hadi Sumanto (47) merupakan penadah dari semua barang hasil curian Suradi. Bahkan tidak jarang Hadi pesan motor curian dengan merk dan spesifikasi tertentu kepada tersangka Suradi.

“Keduanya memang sudah ada kerjasama dalam kejahatan,” ujar Kasubag Humas.

Atas perbuatannya tersangka Suradi diancam pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 6 tahun sedangkan tersangka Hadi Sumanto diancam pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge