0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setnov Minta Anggota Dewan Hargai Keputusan MK

dok.merdeka.com

Setya Novanto

Timlo.net – Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) meminta semua fraksi di DPR dapat menghargai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan permohonan uji materi calon tunggal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota.

“Saya juga melakukan agar semua anggota menghargai keputusan itu,” kata Setya, Selasa (30/9).

Politikus Golkar itu menambahkan, dirinya ingin agar keputusan MK tersebut dikomunikasikan dengan Komisi II DPR. Termasuk dengan lembaga terkait.

“Saya minta segera mengadakan koordinasi supaya ada suatu kejelasan, penjelasan, supaya ada pengertian yang sama antara keputusan MK dengan instansi yang terkait,” ujarnya.

Mahkamah Konstitusi mengabulkan permohonan uji materi calon tunggal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015. MK mempersilakan daerah yang hanya memiliki calon tunggal untuk menyelenggarakan Pilkada serentak pada Desember 2015.

Uji materi calon tunggal Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota diajukan oleh pakar komunikasi politik Effendi Gazali dan Yayan Sakti Suryandaru. Pasal-pasal yang diajukan dalam uji materi adalah Pasal 49 ayat (8) dan ayat (9), Pasal 50 ayat (8) dan ayat (9), Pasal 51 ayat (2), Pasal 52 ayat (2), Pasal 54 ayat (4), ayat (5), dan ayat (6) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005.

[rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge