0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kunjungan ke Tiongkok, Presentasi Pemkot Solo Lemah

dok.timlo.net/daryono
Anggota Komisi I DPRD Solo, Abdullah AA (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Jajaran Komisi I DPRD Solo menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak siap saat melakukan kunjungan kerja terkait program sister city ke Kota Xian, Tiongkok. Hal itu disampaikan jajaran Komisi I yang ikut dalam kunjungan kerja Pemkot ke Tiongkok, pekan lalu.

“Yang kami pantau, kesiapan Pemkot masih kurang sehingga perlu ada pembenahan. Brosur, slide, dan juga penyampaian presentasinya. Kami merasa hal itu masih kurang,” kata anggota Komisi I DPRD Solo, Abdullah AA kepada wartawan, Rabu (30/9).

Sebagaimana diketahui, Senin (21/9) lalu, lima legislator Komisi I DPRD Solo terbang ke Tingkok. Mereka bertolak ke luar negeri dengan alasan melakukan pendampingan Bagian Kerjasama Pemkot Solo dalam program sister city dengan Kota Xian, Tiongkok.

Menurut Abdullah, saat presentasi, Pemkot tidak bisa menjelaskan potensi-potensi yang bisa ditawarkan Pemkot Solo. Materi yang disampaikan hanya berupa data geografis tentang Solo.

“(Pemkot) sangat lemah dalam pemaparan. Yang disampaikan, Solo itu luasnya 44 KM2, ada Bus Tingkat Werkudara, ada Sepur Kluthuk Jaladara, ada Railbus. Itu-itu saja. Jujur kami menilai Pemkot tidak siap,” jelas dia.

Melihat penyampaian Pemkot di Xian, Komisi I meminta kerjasama sister city dengan Xian ditinjau ulang. Terlebih, kerjasama sister city dengan Montana beberapa tahun lalu juga mengalami kegagalan.

“Kita takutkan kerjasama sister city dengan Xian ini akan sama nasibnya dengan Montana,” ujar dia.

Berkaca dari pemaparan Pemkot di Xian, untuk penjajakan kerjasama sister city dengan kota lain di luar negeri, Komisi I meminta Pemkot memaparkan dulu apa yang akan dipaparkan di luar negeri. Hal ini agar paparan di luar negeri tidak sia-sia.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge