0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gedung Parkir Sriwedari bakal Dibangun 4 Lantai

Pra desain gedung parkir Sriwedari (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Meski mendapat kritikan dari sejumlah unsur masyarakat, rencana pembangunan gedung parkir di Lapangan Kota Barat dan Sriwedari terus dimatangkan. Rabu (30/9), Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo memaparkan pra desain gedung parkir dihadapan sejumlah SKPD dan unsur masyarakat.

Dari paparan pra desain itu, gedung parkir kota barat akan dibangun empat lantai dengan satu basement. Lokasi pembangunan direncanakan tepat di selatan Lapangan Kota Barat. Diperkirakan, gedung itu akan menampung 650 slot parkir kendaraan roda empat.

Sementara, gedung parkir Sriwedari direncanakan dibangun empat lantai. Lokasi pembangunan di selatan Stadion Sriwedari. Gedung itu didesain menampung 400 slot parkir, termasuk parkir bus wisata dari kawasan Benteng Vastenburg. Di lantai bawah didesain untuk parkir sepeda motor.

“Paparan ini bagian mematangkan konsep untuk mendapat masukan berbagai pihak. Setelah pra desain ini akan diikuti dengan pembuatan DED (detail enginering design) di 2016. Kita belum bicara pembangunannya,” kata Kepala Dishubkominfo Solo, Yosca Herman Soedradjat, usai paparan.

Setelah DED siap, pembangunan dua gedung parkir itu akan diusulkan ke pemerintah pusat. Untuk gedung parkir Sriwedari, pembangunan baru akan dilakukan setelah ada putusan hukum tetap atas status tanah di kawasan Sriwedari yang saat ini bersengketa. Hal ini mengingat rencana lokasi pembangunan gedung parkir Sriwedari termasuk dalam lahan sengketa.

Mayor Haristanto, pegiat kota yang hadir dalam paparan menyatakan rencana pembangunan dua gedung parkir bertolak belakang dengan visi misi Dishubkominfo Solo yang mendorong pergerakan orang. Penyediaan gedung parkir justru merangsang orang untuk menggunakan kendaraan pribadi.

“Dengan adanya gedung parkir, pemilik mobil justru diberi ruang. Dishubkominfo tidak konsisten. Solusinya, seharusnya ya parkir dibuat mahal. Agar orang kapok untuk parkir. Kalau jumlah mobil terus bertambah ya apa mau bangun gedung (parkir) terus,” beber Mayor.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge