0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dukuasai Investor Asing, Pasar Modal Domestik Rentan

dok.timlo.net/tyo eka
Seminar "Investasi Saham sebagai Alternatif Peluang Investasi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global", di Unisri Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Yogya, Irfan Noor Riza mengemukakan, saat ini pasar modal domestik rentan. Hal ini salah satu penyebabnya lantaran jumlah investor lokal di Indonesia saat ini masih minim. Investor pasar modal masih Exchange (IDX) dikuasai asing.

“Saat ini prosentase invetor pasar modal di Indonesia, 60 persen asing dan sisanya, 40 persen lokal,” jelasnya saat berbicara di depan seminar “Investasi Saham sebagai Alternatif Peluang Investasi di Tengah Perlambatan Ekonomi Global”, di Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Rabu (30/9).

Irfan mengungkapkan, situasi krisis seperti sekarang ini banyak investor asing butuh dana segar, sehingga mereka menjual saham. Akibatnya, harga-harga saham jatuh dan menjadi lebih murah, termasuk harga saham di Indonesia. Bersamaan itu, para investor lokal juga ikut-ikutan menjual sahamnnya.

Bila kondisi itu dibiarkan maka akan semakin buruk dan harga saham kian jatuh. “Tugas kita sekarang adalah meningkatkan jumlah investor lokal,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge