0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Twitter Siapkan Alat Untuk Perluas Batasan Tweet 140 Karakter

Dok: Timlo.net/ First Tweets.com
Tweet pertama akun Twitter Timlo.net, @kabartimlo. (Dok: Timlo.net/ First Tweets.com)

Timlo.net—Twitter dikabarkan akan memperluas batasan tweet 140 karakter. Jika kabar ini benar, maka gerakan ini bisa secara fundamental mengubah cara situs microblogging itu bekerja, dan bisa membawa dampak baik atau buruk bagi perusahaan itu.

Re/Code memberitakan jika Twitter sedang mempersiapkan sebuah produk baru yang bisa dipakai untuk menulis tweet yang lebih panjang. Hal ini menarik, karena menandakan jika Twitter tidak akan benar-benar menghapus batasan yang saat ini ada, tapi juga mengambil langkah untuk batasan yang dianggap menganggu sebagian pengguna.

Bagi mereka yang tidak tahu sejarah batasan 140 karakter itu, kita harus kembali ke tahun 1985, di mana seorang Jerman bernama Friedhelm Hillebrand mengerjakan sebuah sistem yang mengizinkan operator seluler mengirim pesan teks singkat kepada para pengguna mereka. Pesan itu bertujuan untuk memberikan pengumumkan jika pulsa mereka sudah akan habis atau informasi kartu kredit mereka tidak jelas informasinya. Setelah pengujian pribadi, Hillebrand memutuskan jika 160 karakter adalah jumlah yang tepat sebagai batasan pesan teks itu. Dia menerapkan sistem ini dan lahirlah SMS.

Twitter dikembangkan sebelum munculnya smartphone. Saat dunia masih menggunakan SMS sebagai saranan mengirim dan menerima pesan. Oleh karena itu pesan yang ada dibatasi menjadi 160 karakter, sementara 20 karakter digunakan untuk nama pengguna yang dikirimi pesan (misalnya @kabartimlo) dan 140 karakter digunakan untuk isi pesan.

 

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge