0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Marching Band Akpol Meriahkan Heritage Batik Keris

dok.timlo.net/youtube
Drum Band Akpol (dok.timlo.net/youtube)

Solo – Perusahaan Batik Keris akan menggelar pawai budaya batik pada puncak perayaan Hari Batik Nasional, Jumat (2/10) mendatang. Pawai dengan tema Heritage Batik Keris ini cukup unik lantaran akan digelar dengan menampilkan corak ragam batik, dan karya desain fashion batik.

“Sebagai perayaan atas ditetapkannya batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 silam,” ungkap Manajer Operasional Batik Keris Solo, Paryono, Selasa (29/9).

Karnaval ini cukup unik, lataran karnaval akan dilaksanakan di dua titik pemberangkatan. Satu kontingen akan berangkat dari kawasan Stadion Sriwedari Solo, dan yang lain akan berangkat dari gerai Batik Keris di kawasan Nonongan.

“Nanti dua rombongan ini akan bertemu di perempatan Nonongan, untuk kemudian melanjutkan pawai kearah timur melewati jalan Slamet Riyadi menuju Bank Indonesia,” katanya.

Salah seorang panitia, Sumartono Hadinoto mengungkapkan bahwa pawai ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan kekayaan ragam budaya Indonesia. Modifikasi dan evolusi sangatlah penting dalam menjaga budaya tersebut mampu diterima masyarakat luas.

“Dengan kirab ini kami berharap masyarakat bisa semakin menggali kebudayaan kita sendiri, dalam berbagai bentuk, misalnya seni desain, seni musik dan lainnya untuk bisa dilestarikan sesuai dengan kondisi jaman,” ungkapnya.

Dalam karnaval tersebut akan dimeriahkan dengan penampilan Marching Band dari Akademi Kepolisian.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge