0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kebakaran Merbabu Kian Meluas, Capai 60 Hektar

timlo.net/nanin

Kebakaran Gunung Merbabu Meluas, api terlihat membesar di malam hari

Boyolali — Kebakaran hutan Gunung Merbabu terus meluas, diperkirakan api sudah membakar 60 hektar lahan. Api diketahui terus merembet ke sisi utara dan selatan lereng Merbabu. Upaya pemadaman belum bisa dilakukan secara optimal.

“Warga dan relawan sudah naik ke atas, mencoba melokalisir api agar tidak semakin meluas,” kata Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, Selasa (29/9).

Api saat ini diketahui terus mengarah ke puncak Syarif. Sementara upaya pemadaman terus dilakukan puluhan personel gabungan TNI/Polri, BPBD, relawan, Rempala, serta petugas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb).

Disisi lain, Danramil Ampel, Kapten (Arm) Joko Priyanto menambahkan, titik kebakaran kali ini berada di satu kawasan, yakni di antara pos 3 dan 4 jalur pendakian Merbabu melalui Ngagrong. Keterbatasan personel dan peralatan serta kondisi medan yang terjal, membuat upaya pemadaman kurang optimal. Bahkan karena kencangnya angin, api sempat merembet ke bawah.

“Tapi masih jauh dari pemukiman warga, terhalang jurang dan mata air,” ungkap Joko.

Saat ini, warga dan relawan, berusaha agar api tidak merembet ke lokasi lain. Terutama ke sumber air Sipendok dan Semuncar yang jaraknya hanya 2-4 kilometer dari titik api.

Titik api pertama kali diketahui pada Senin malam, namun semakin membesar, dari semula diperkirakan hanya membakar 20 hektar saat ini meluas hingga 60 hektar. Kebakaran kali ini merupakan yang ketiga kalinya sejak musim kemarau.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge