0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menlu Retno Marsudi Bahas Insiden Mina Dengan Menlu Saudi

dok.merdeka.com

Retno Marsudi bersama Menlu Arab Saudi

Timlo.net – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubair, di sela Debat Umum Sidang PBB.

“Dalam pertemuannya Menlu Retno dan Menlu Saudi membicarakan perkembangan dari kunjungan Presiden Jokowi saat kesempatan beliau bertandan ke Arab Saudi di awal bulan ini,” ujar Juru Bicara Menteri Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nasir, Selasa (29/9).

Selain itu, pihak Saudi melalui Menlu nya juga membeberkan sejumlah rencana kunjungan kementeriannya ke Indonesia untuk membahas kerja sama ekonomi dan isu bilateral.

Di sisi lain, tragedi Mina yang turut menewaskan puluhan jemaah Indonesia juga tidak luput dari topik bahasan kedua Menlu tersebut.

“Menlu Retno mengutarakan niatan positif Indonesia untuk memberi pendampingan dalam proses identifikasi jenazah korban tragedi Mina,” imbuh jubir akrab disapa Tata itu.

Dalam laporan terpisah, Menlu Retno mengatakan pemerintah tidak akan terburu-buru mengirim nota protes kepada Saudi. Ada 41 jamaah WNI yang tewas sejauh ini akibat saling injak di Mina.

Retno mengatakan upaya Saudi menggelar investigasi harus dihormati. Jumlah korban dari Tanah Air masih bisa bertambah.

“Di situ kita juga sampaikan pentingnya dilakukan investigasi dan meminta hasil investigasi diumumkan secara transparan,” kata menlu.

Tragedi Mina sejauh ini menewaskan 769 orang serta mencederai 934 jemaah haji. Beredar sejumlah tudingan bahwa Saudi lalai mengelola arus jamaah dekat area lempar jumrah, sehingga ribuan orang bertumbukan.

Iran adalah negara paling awal mengirim nota protes, bahkan akan menggugat pemerintah Saudi sebagai pengelola tunggal rangkaian ibadah haji.

[ard]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge