0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rio Capella Diperiksa KPK, Nasdem Wait And See

dok.merdeka.com

ilustrasi

Timlo.net – Sekjen Partai NasDem, Patrice Rio Capella diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia menjadi saksi atas kasus suap hakim Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan yang menjerat Gubernur Sumatera Utara (nonaktif) Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evi Susanti serta advokat OC Kaligis.

Ketua DPP Nasdem Bidang Hukum dan HAM Taufik Basari mengutarakan ada empat sikap partai apabila kadernya terseret kasus dugaan korupsi tersebut. Menurutnya, pertama Nasdem mendukung penegakan hukum yang dilakukan KPK.

“Kedua, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap sikap partai Nasdem karena selama ini selalu menunjukkan sikap konsisten untuk mendukung penegakan hukum. Di antaranya soal sikap tegas partainya terhadap Mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu, Mantan Gubernur Sulteng Paliuju hingga mantan Ketua Mahkamah Partai NasDem OC Kaligis,” terang Taufik Basari, Selasa (29/9).

Ia menerangkan, sikap partai Nasdem memperlakukan sama kepada seluruh kader kecuali jika tersangkut kasus hukum. Nasdem akan memberhentikan dan mempersilakan para kader mengundurkan diri apabila terjerat kasus.

Poin ketiga, katanya, Nasdem akan bersikap terbuka dan transparan dalam perkara yang sedang ditangani KPK. Namun, semua itu harus berlandaskan pada fakta dan bukan dari asumsi-asumsi tidak berdasar sehingga semua proporsional.

Terakhir, adapun pemeriksaan Sekretaris Jenderal Partai NasDem Patrice Rio Capella masih sebagai saksi untuk memperjelas kasus yang sedang ditangani KPK.

“Sehingga kami (partai Nasdem) tidak mau berandai-andai biar proses berlangsung secara benar dan profesional. Mereka bisa saja hanya dimintai keterangan untuk melengkapi keterangan yang disampaikan saksi lain,” jelas dia.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge