0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Ditertibkan, PKL di 3 Ruas Jalan di Solo Kebingungan

dok.timlo.net/dhefi nugroho
kawasan Jalan Jenderan Sudirman Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menertibkan sejumlah pedagang kaki lima (PKL) di tiga ruas jalan di Kota Bengawan, membuat pedagang kehilangan sebagian besar pendapatannya. Beberapa pedagang juga mengaku kebingungan mencari lokasi berdagang yang baru.

“Biasanya kalau jualan di sini sejak siang bisa dapat Rp 500 ribu perhari, kalau hanya malam saja sekitar Rp 200 ribu,” ungkap salah seorang pedagang yang berjualan di kawasan Jl Urip Sumoharjo, Januar Gordon Prasetya, Selasa (29/9).

Dia juga mengaku bingung untuk mencari lokasi berjualan yang baru. Dikatakan, saat ini dirinya akan bertahan hanya berjualan di malam hari sesuai ketentuan dari Pemkot.

Pedagang Hik (angkringan) ini mengatakan, kebijakan baru ini tidak memberikan solusi kepada pedagang. Dia mengatakan pemkot membatasi jam operasional mereka, mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Tetapi bagi pedagang yang berjualan pagi hal ini sangat tidak menguntungkan, lantaran tempat berdagang mereka telah ditempati pedagang lain di malam hari.

“Kalau malam kan sudah ada yang jualan sendiri Mas. Lagi pula sudah ada langganan pagi.” Katanya.

Dirinya akan melihat-lihat kondisi dulu. Jika pedagang yang lain menggelar dagangannya di pagi hari, dirinya juga akan nekat melakukan hal yang serupa.

“Lihat-lihat dulu Mas, kalau yang lain tetap jualan, ya saya nekat,” katanya.

Kondisi yang sama juga dialami Bambang. Pedagang nasi di Jl Slamet Riyadi ini kebingungan mencari lokasi berjualan yang baru. Babang mengaku telah mendapatkan sosialisasi dari Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat sejak sebulan yang lalu. Dia diberikan waktu 1 Oktober mendatang untuk pindah.

“Masih bingung mau berdagang dimana, Mas. Cari lokasi berjualan sekarang juga susah.” singkatnya.

Seperti diberitakan, tiga ruas jalan utama di Solo akan dibebaskan dari aktivitas pedagang kaki lima (PKL) pada siang hari. Ketiga ruas jalan tersebut adalah Jl Slamet Riyadi, Jl Urip Sumoharjo dan Jl Jendral Sudirman.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge