0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Usai Diperbaiki Tidak Menjamin Undepass Bebas Banjir

Dok. Timlo.net/Putra
Underpass Makamhaji tergenang air hujan (Dok. Timlo.net/Putra)

Sukoharjo — Meskipun tujuan akhir perbaikan underpass untuk mengatasi persoalan yang selama ini muncul, namun pihak Dirjen Perkeretapaian tidak menjamin setelah ini bebas banjir. Pasalnya untuk memastikan sumber air di dalam tanah di bawah underpass masih berpotensi naik ke permukaan atau tidak harus dilakukan oleh ahli.

“Mestinya ada ahli yang datang ke sini, sudah kita usulkan apakah disetujui atau tidak sampai saat ini kita belum tahu, yang jelas kita usulkan tim ahli hydrologi dari akademisi untuk memeriksanya,” kata PPK Proyek Lintas Selatan Dirjen Perkeretaapian, Achyar Passaribu, Senin (28/9).

Termasuk mengatasi permaslahan sumur warga yang ikut mengering sejak dibangun underpass ini harus dilakukan oleh tim ahli. Selain itu juga disiapkan solusinya, seperti pemanfaatan air tanah yang bersumber di bawah undepass bisa dilakukan asal dengan cara yang tepat.

Namun untuk tahun ini, Balai teknik Kelas I wilayah Jateng bagian Tengah fokus melakukan perbaikan jalan dan proses finishing undepass. Pasalnya, jalan ini setiap ahri selalu padat dilewati kendaraan dan menjadi jalur ekonomi utama dari Yogjakarta menuju Solo.

“Semoga tahun depan bisa teralisasi, agar segera ada solusi atas permasalahan ini. Karena untuk tahun ini anggaran terbatas dan alat untuk mendeteksi dan menyumbat mata air ini juga sangat mahal,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge