0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Peruntukan Anggaran Perbaikan Underpass Rp 6 Miliar

timlo.net/putra kurniawan

Achyar Passaribu PPK Proyek Lintas Selatan Dirjen Perkeretaapian

Sukoharjo — Proyek perbaikan Underpass Makamhaji dengan anggaran Rp 6,06 Miliar oleh Dirjen Perkeretaapian, meliputi betonisasi jalan, perbaikan saluran air, pemasangan Aluminium Composit Panel (ACP) pada dinding dan pemasangan pagar pembatas di samping rel kereta api.

“Memang sejak pembangunan selesai, belum semuanya dilakukan betonisasi, hingga akhirnya muncul permasalahan lapisan aspal mengelupas karena dorongan air dari dalam tanah, kita harapkan ini bisa mengatasi persoalan di underpass,” kata Pejabat Pembuat Komitmen proyek lintas selatan Dirjen Perkeretaapian, Achyar Passaribu, Senin (28/9).

Rekanan akan mengerjakan rigiditas (betonisasi) sepanjang 200 meter terlebih dahulu sebelum mengerjakan perangkap air di bibir underpass. Selanjutnya setelah perangkap air dikerjakan, baru dikerjakan supit atau saluran di samping kiri dan kanan underpass yang selama ini menjadi penyebab banjir.

Supit akan dilebarkan dan ditutup agar daya tampung air saat musim penghujan tidak sampai meluber ke permukaan jalan. Baru air dari saluran masuk ke penampungan dan dipompa dengan kekuatan hampir 500 liter per detik dengan empat mesin pompa baru.

“Artinya kita sudah maksimal dengan keterbatasan anggaran yang kta miliki, dan untuk tahun depan masih akan kita anggarkan dengan perbaikan ataupun penambahan untuk tahap penyempurnaan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge