0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Gunung Merbabu Kembali Terbakar

timlo.net/nanin

Titik api di hutan Gunung Merbabu terlihat jelas dari Desa Ngagrong, Ampel

Boyolali — Kebakaran kembali melanda kawasan hutan Gunung Merbabu. Titik api mulai terlihat Minggu malam hingga Sabtu (26/9) asap masih terlihat mengepul di titik tersebut. Asap terlihat jelas dari Desa Ngagrong, Ampel.

“Itu tadi pagi terlihat sangat jelas asapnya, kadang mengecil kadang besar sekali,” ujar Pj Kepala Desa Ngangrong, Sutardi, Senin (28/9).

Meski terlihat jelas di wilayah Ngagrong, jarak titik api dari pemukiman penduduk terdekat mencapai 20 kilometer. Sementara untuk mencapai ke lokasi hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki dan membutuhkan waktu 5 hingga 6 jam.

“Masih jauh dari perumahan penduduk, tapi kita tetap waspada,” tambahnya.

Pihaknya hingga kini belum mengetahui penyebab kebakaran di kawasan hutan Gunung Merbabu. Namun dari semua kebakaran yang terjadi penyebabnya adalah manusia. Namun, Sutardi membantah bila hal itu disengaja.

“Tidak ada unsur kesengajaan namun biasanya dikarenakan habis merokok, puntung dibuang sembarangan,” imbuhnya.

Kasi Kedaruratan BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetya, mengaku pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait kebakaran di Hutan Gunung Merbabu. Untuk langkah selanjutnya, BPBD masih menunggu informasi lanjutan dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu.

“Kita tunggu balai dulu, kan yang punya wilayah BTNG Merbabu, yang penting titik api jauh dari pemukiman warga,” katanya.

Sementara itu, informasi dari tim relawan Remaja Merbabu Pecinta Alam (Rempala) api diperkirakan sudah membakar 12 hektar lahan hutan. Posisi api ada di ketinggian sekitar 2.000 hingga 2.500 mdpl, sekitar 7 kilometer dari pemukiman warga terdekat.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge