0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kepatuhan Pemberitahuan Kegiatan Kampanye Masih Rendah

Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Solo mengeluhkan kepatuhan tim pemenangan masing-masing calon kepala daerah. Pasalnya, ketaatan untuk memberitahukan kegiatan kampanye masih rendah.

“Masing-masing tim kampanye dan calon saat ini ogah-ogahan mengirimkan surat pemberitahuan kegiatan kampanye ke kepolisian dan panwaslu,” kata Ketua Panwaslu Solo, Sri Sumanta kepada wartawan, Senin (28/9).

Menurut Sumanta, pasangan Anung Indro Susanto – M Fajri (AFi) menjadi pasangan yang tingkat ketaatannya memberitahukan kegiatan kampanye paling rendah. Sumanta menyebut, tingkat ketaatan pasangan AFI hanya sekitar 30 persen. Sementara tingkat ketaatan pasangan FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo sebesar 70 persen.

Merujuk aturan yang ada, sambung Sumanta, kepolisian bisa saja membubarkan kegiatan kampanye yang tidak memberikan ijin ke kepolisian. Namun, sejauh ini, belum ada pembubaran kampanye oleh kepolisian.

“Besok kan ada rapat koordinasi dengan Polres, akan kita sampaikan ke Kapolres, nanti seperti apa,” ujar dia.

Ketua Tim Pemenangan AFi, Sugeng Riyanto mengatakan sebagian agenda kampanye AFi baru bisa ditentukan H-1. Hal itu membuat pihaknya kesulitan untuk menyampaikan pemberitahuan kampanye ke kepolisian dan pihak terkait.

“Justru kami usul kalau surat pemberitahuan itu bisa melalui email, mungkin lebih praktis. Harapan kami bisa lewat email,” ujar dia.

Rendahnya tingkat kepatuhan pemberitahuan agenda kampanye ini bukan kali pertama. Di awal masa kampanye, akhir Agustus lalu, respon tim kampanye untuk memberitahukan kegiatan kampanyenya juga minim. Saat itu, Panwaslu memberikan surat teguran kepada masing-masing tim pemenangan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge