0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pasokan Berkurang, Harga Beras dan Daging Ayam Naik

dok.timlonet
(ilustrasi) pedagang beras (dok.timlonet)

Solo – Harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok, seperti beras dan daging ayam di Pasar Legi Solo berangsur mulai merangkak naik. Naiknya harga tersebut karena dipengaruhi pasokan dari petani yang berkurang akibat musim kering.

“Untuk harga beras medium, seperti C4 dan mentik wangi ada kenaikan harga di kisaran Rp 200 sejak beberapa minggu terakhir,” ujar pemilik kios beras Adi Rasa, Moedjianto kepada wartawan, Senin (28/9).

Dirinya mengatakan, kenaikan harga tersebut karena dari pemasok beras menaikkan harga jual. Alasannya karena para petani banyak yang tidak panen akibat musim kemarau.

“Karena dimusim kemarau ini banyak petani yang tidak menanam. Sehingga pasokan beras pun cenderung berkurang,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, kenaikan harga beras tersebut diprediksi akan berlangsung lama hingga nanti sampai awal tahun 2016. Hal itu seiring dengan mulai masuknya musim penghujan.

Sementara itu, salah satu pedagang ayam Pasar Legi, Sadiem saat ditemui secara terpisah mengatakan, untuk harga daging ayam terjadi kenaikan harga sekitar Rp 3 ribu/Kg.

“Dari sebelumnya Rp 28 ribu/Kg, sekarang naik menjadi Rp 30 ribu. Alasan naiknya harga belum tau, tapi yang jelas dari pemasok harganya dinaikan,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge