0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atasi Honorer K2, Oneng Usul Pembentukan Panja

Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo – Anggota Komisi IX DPR RI, Rieke Diah Pitaloka mengusulkan pembentukan panitia kerja (Panja) lintas komisi di DPR RI untuk mengatasi masalah pengangkatan tenaga honorer K2. Hal ini diungkapkan Rieke saat melakukan konsolidasi tenaga kerja honorer Surakarta dan Jawa Tengah, di gedung Graha Wisata Niaga, Senin (28/9).

“Kita bentuk Panja gabungan lintas komisi. Komisi II yang mitra kerjanya dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi X yang membidangi pendidikan, Komisi IX yang membidangi Kesehatan dan Tenaga Kerja, dan Komisi XI yang membidangi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk bisa duduk bersama mengatasi masalah ini,” kata Rieke yang sering disapa Oneng.

Selain pembentukan Panja, Rieke juga mendesak untuk segera merevisi UU Aparatur Sipil Negara (UU ASN). Dia mengatakan, UU ASN yang ada selama ini sangat diskriminatif terhadap umur, terutama dalam pengangkatan tenaga honorer K2.

“Perlu kita revisi, selain itu juga perlu ada payung hukum yang mengatur pengangkatan tenaga honorer ini menjadi calon pegawai negeri sipil,” katanya.

Dia mengakui pengangkatan memang tidak bisa serta-merta dilakukan secara bersamaan. Perlu ada tahapan dalam pengangkatan ini. Ditambahkan, Reike berpendapat pengabdian honorer K2 yang telah lebih dari tiga tahun, layak untuk mendapatkan pengangkatan CPNS.

Seperti diketahui DPR dan pemerintah sudah sepakat mengangkat honorer K2 menjadi CPNS. Sebanyak 439 ribu honorer K2 di Indonesia akan diangkat seluruhnya menjadi CPNS. Pengangkatan akan dilakukan secara bertahap dalam satu hingga empat tahun mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge