0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Boneka Mainan Si Kecil Bisa Sebabkan Penyakit

Boneka mainan

Dok: Timlo.net/Daily Mail.

Boneka mainan

Timlo.net—Biasanya anak-anak kecil memiliki boneka mainan favorit mereka yang selalu menemani mereka bermain, liburan bahkan saat anak tidur. Boneka itu entah berbentuk beruang atau kelinci seakan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Juga kemampuan untuk menenangkan anak saat mereka sedih, marah atau ngambek.

Tapi, ternyata boneka mainan itu juga bisa menyebabkan resiko kesehatan bagi anak. Para ahli kesehatan memperingatkan jika 80 persen boneka mainan ini memiliki bakteri yang bisa memicu keracunan makanan. Bahkan beberapa tes yang dilakukan mengungkapkan jika satu dari empat boneka mengandung tinja. Penelitian yang dilakukan oleh Dettol, menyatakan 90 persen anak-anak sering menjatuhkan boneka mereka ke lantai, sehingga boneka itu kotor dan terkena kuman.

Tiga dari empat boneka tidak dicuci setelah anak sakit, dan satu dari lima boneka tidak pernah dicuci sama sekali.

Tes untuk mengetahui kandungan mikrobiologi pada boneka-boneka ini menyatakan jika 80 persen boneka mengandung staphylococcus spp, sebuah patogen yang bisa menyebabkan keracunan makanan.
Seperempatnya mengandung coliforms, menandakan kehadiran organisme berbahaya. Ahli kebersihan Dr. Lisa Ackerley berkata kepada DailMail: “Apapun yang ditaruh anak ke dalam mulut mereka seharusnya bersih tapi seringkali sulit untuk membujuk anak membiarkan kita mencuci boneka teddy favorit mereka, sehingga boneka itu menjadi sangat kotor.”

Dia menyarankan untuk mencuci boneka secara teratur dan menggunakan pembersih anti bakteri saat mencuci. Dr. Ranj Singh, seorang dokter umum dan ahli kesehatan anak menambahkan: “Anak-anak bisa menularkan pilek dan flu ke rumah dan menyebarkan kuman. Untuk setiap anak yang terkena flu, delapan anggota keluarga akan tertular juga. Penting untuk memperhatikan kebersihan terutama saat anak sakit dan melindungi mereka yang mudah tertular.”

Sebagai bagian dari kampanye Care For Your Bear yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kuman yang mungkin hidup di boneka mainan anak, ada beberapa panduan yang disarankan Dettol untuk mengatasinya:

-Cuci boneka anak dengan pembersih anti bakteri dalam suhu rendah. Pembersih ini bisa dicampur dengan deterjen.

-Hindari mencampur boneka ini dengan pakaian atau barang lain saat proses pencucian. Hal ini untuk mencegah kuman berpindah ke pakaian lain dan juga sebaliknya.

-Keringkan boneka secara alami. Pengering mesin bisa merusak boneka yang lembut.

-Untuk perlindungan ekstra, saat mencuci dengan mesin cuci gunakan sarung bantal atau guling sebagai pembungkus untuk melindungi boneka.

-Biasakan untuk memandikan boneka secara teratur guna membersihkan kotoran-kotoran kecil.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge