0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Karanganyar Upayakan Insentif Guru Non-PNS

dok.timlo.net/nanang rahadian
Bupati Karanganyar Juliyatmono (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Untuk meningkatkan kesejahteraan guru non pegawai negeri sipil (PNS), Bupati Karanganyar Juliyatmono, akan mengajukan anggaran untuk insentif guru non-PNS pada tahun 2016. Tujuannya guru non-PNS lebih semangat bekerja.

“Mau saya ajukan tahun 2016 supaya dapat kesejahteraan. Ini untuk menyemangati mereka supaya bekerja dengan baik. Insentif itu wujud penghargaan. Mereka itu relatif membantu pemerintah,” kata Bupati Juliyatmono, Senin (28/9).

Juliyatmono menerangkan, Kabupaten Karanganyar kekurangan guru sekolah dasar (SD) maupun tenaga lain. Dia menilai, guru non-PNS membantu Pemkab menangani persoalan itu. Sebagai persiapan awal, dia meminta kepala sekolah yang memiliki guru non-PNS di masing-masing sekolah mendata jumlah dan tahun pengabdian guru non-PNS.

“Banyak yang sudah lama mengabdi. Ada yang pasca 2005. Itu relatif membantu pemerintah menutupi kekurangan guru. Kami akan bikin sistem dan teknis bagi mereka,” jelasnya.

Saat ditanya nasib tenaga honorer kategori 2 (K2) di Karanganyar, Bupati mengatakan sudah membicarakan hal itu dengan DPRD Karanganyar. Bahkan, Bupati mengaku sudah menyurati Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Menurutnya, pemerintah pusat sudah memutuskan penyelesaian pengangkatan tenaga honorer K2 menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

“Itu sudah jadi keputusan politik pemerintah maupun DPR. Sudah ada kesepakatan. Rencana diselesaikan dua tahun hingga 2018 dengan memperhatikan anggaran pemerintah. Yang saya dengar itu. Data K2 juga sudah ada jadi tinggal menunggu saatnya,” tutur dia.

Namun, Bupati mewanti-wanti agar kebijakan itu tidak dimanfaatkan segelintir orang untuk mencari muka. Bahkan, menakut-takuti guru non-PNS maupun tenaga honorer K2 dengan memanfaatkan kelemahan.

Ojo mbok cedaki, trus mbok palak. Judek aku. Ojo diweden-wedeni,” kelakar Bupati.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge